PENTINGNYA PENGGUNAAN KEMASAN DI ERA GLOBALISASI

7

PENGEMASAN memegang peranan yang besar dan penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Karena manusia hampir menggunakan produk-produk yang dikemas, seperti makanan & minuman,kosmetik, obat-obatan atau produk-produk kebutuhan rumah tangga lainnya, maka kita akan selalu “bertemu”kemasan.Oleh karena peranan yang pentingitulah,maka kemasan harus dibuat dengan memenuhi standar yang tinggi dan dibuat yang secantik-cantiknya.

 

6

PERAN DAN FUNGSI KEMASAN Definisi Produk Pack Concep:
“Kemasan adalah satu kesatuan dalam produk dan bukan sampah”.GOOD=PRODUK + PACKAGING. Dimana pengembangan produk harus dilakukan bersama-sama.Kemasan Sebagai DAYA TARIK/ATRAKTIF.
Diperlukan keahlian dalam memadukan peran desain,proses cetak dan finishing serta proses pembuatan di mesin pengemasan. Bentuk ukuran,warna serta jelas dan lengkapnya informasi yang dicetakkan harus dapat menimbulkan suatu daya tarik yang luar biasa kuat.Penampilan gambar atau ilustrasi ini sangat mempengaruhi 75% keputusan konsumen untuk membeli suatu produk. Jadi, kemasan sangat menentukan ketertarikan konsumen terhadap suatu produk. Jika kemasannya bagus dan menarik, konsumen akan mengamati lebih detail produk yang di tawarkan tersebut. Bentuk juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan harus selalu merupakan produk kreatif dan inovatif serta mengikuti tren yang sedang berkembang, sehingga dapat tampil beda atau selangkah lebih maju dari kemasan-kemasan sejenis yang ada.

9

Kemasan sebagai BRAND IMAGE.Brand image membuat konsumen atau siapapun yang melihat sepintas suatu kemasan, dapat segera mengetahui produk yang dikemasnya. Hal ini dikarenakan adanya suatu ciri yang unick atau ciri khusus yang sudah melekat di kemasan produk tersebut sejak lama.Ciri khusus/unick tersebut juga sangat memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Aspek penggunaan warna juga sangat berperan dalam membentuk BRAND IMAGE suatu produk.

 

4Kemasan harus PRAKTIS DAN ERGONOMIS. Ukuran kemasan harus disesuaikan dengan isinya,mudah di buka dan di tutup,mudah di susun sehingga bisa di tumpuk sesuai ketentuan, mudah untuk di pegang sehingga memudahkan untuk dibawa,serta dapat berdiri dengan tegak. Sebagai contoh kemasan karton untuk air minum dalam kemasan, jika di tumpuk melebihi ketentuan maksimum 8 karton, maka akan mengakibatkkan karton paling bawah rusak karena tidak kuat menahan beban di atasnya sehingga tidak dapat di gunakan lagi.

 

martabak hasanudin